Kota yang Nyaman dan Damai


Kota Manado adalah ibu kota dari provinsi Sulawesi Utara yang terletak di ujung jazirah utara pulau Sulawesi dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, pada posisi geografis  124°40′ – 124°50′ BT dan   1°30′ – 1°40′ LU dengan luas wilayah daratan adalah 15.726 dikelilingi oleh perbukitan dan barisan pegunungan serta memiliki garis pantai sepanjang 18,7 kilometer. Sementara itu perairan teluk Manado memiliki kedalaman 2-5 meter di pesisir pantai sampai 2.000 meter pada garis batas pertemuan pesisir dasar lereng benua sungguh kota yang menakjubkan nan indah.

Mayoritas penduduk kota Manado berasal dari suku Minahasa, karena wilayah Manado berada di tanah/daerah Minahasa. Penduduk asli Manado adalah suku Bantik, suku bangsa lainnya yang ada di Manado saat ini adalah suku Sanger, suku Gorontalo, suku Mongondow, suku Arab, suku Babontehu, suku Talaud, suku Tionghoa, suku Siau dan kaum Borgo. Agama yang dianut masyarakat kota Manado adalah Kristen Protestan, Islam, Katolik, Hindu, Buddha dan agama Konghucu. Berdasarkan data BPS Kota Manado tahun 2002 (www.manadokota.bps.go.id), jumlah penduduk yang beragama Kristen/ Katolik di Manado mencapai 68 persen, sedangkan Muslim 30 persen. dan 2 persen agama lain.

Di kota Manado dikenal dengan motto  Si Tou Timou Tumou Tou, diambil dari sebuah filsafat hidup masyarakat Minahasa yang dipopulerkan oleh Dr. G. S. Samuel Jozias Ratulangi, yang berarti: “Manusia hidup untuk memanusiakan orang lain” atau “Orang hidup untuk menghidupkan orang lain” dan semboyan  Torang Samua Basudara yang artinya “Kita semua bersaudara” yang dicetus oleh Letjen TNI. (Purn). E.E. Mangindaan, SE.

Motto dan semboyan hidup  inilah yang membangkitkan dan menanamkan rasa persamaan dalam Asas Kekerabatan dan Kekeluargaan yang memiliki nilai-nilai hidup bertoleransi, rukun, terbuka dan saling mengasihi diantara perbedaan suku, agama, ethnis dan ras ditengah masyarakat manado.

Kunjungilah Kota Manado sekarang dan nikmati nuansa kota yang Nyaman dengan penuh rasa  Kedamaian……….

Salam Damai dan Cinta Kasih

oleh. Billy J. Lasut

sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Manado
http://www.manadokota.go.id
http://www.manadokota.bps.go.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: