Festival TIK 2014 untuk Rakyat di Kota Manado


pembukaan festik copy

Festival Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) 2014 yang diadakan pada tanggal 3 – 4 Juni 2014 di Lion Plaza Hotel Manado, Sulawesi Utara berlangsung sangat meriah dengan ribuan pengunjung memadati acara ini. Pada pembukaan hari pertama dihadiri pula oleh para pejabat seperti : Dirjen Aptika Ir.Bambang Heru Tjahjono,M.Sc, Staff Ahli Menkominfo Bid. Sosial Budaya Djoko Agung, Staf Ahli Menkominfo Bid. Komunikasi dan Media Masa Hendri Subiakto, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia Fetty Fajrianti, Direktur Pemberdayaan Informatika Septriana Tangkary, Kejaksaan Tinggi Sulut Taufik Hidayat, SH, Wakil Walikota Manado Dr.Harley Mangindaan SE.MSM dan para Pejabat di lingkungan Pemprov Sulawesi Utara dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara.

festik2

Festival TIK 2014 mengangkat tema “Sitou Timou Tumou Tou Deng TIK” yang berarti kita hidup untuk menghidupkan orang lain dengan TIK. Festival ini dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo Bapak Bambang Heru Tjahjono, dalam sambutannya beliau berharap pada 2015 mendatang pengguna internet bisa mencapai 140 juta, atau separuh dari jumlah penduduk Indonesia. “Hanya mungkin sekarang yang penting pemerataannya dan pemanfaatannya juga harus diperhatikan betul, harus produktif, serta penggunaannya juga harus positif ”, kata Dirjen Aptika Kemkominfo ini dan tidak lupa beliau juga memberikan apresiasi yang mendalam kepada Pemerintah Kota Manado yang telah mendukung terselenggaranya Festival TIK 2014, selasa (3/6).

wawalimanadoPada kesempatan yang sama Wakil Walikota Manado Harley Mangindaan mengatakan festival ini dipersembahkan oleh para Relawan TIK Manado dan Sulawesi Utara yang didukung oleh kementrian Kominfo, Pemprov Sulawesi Utara,Pemkot Manado dan Relawan TIK Indonesia. Menurut Harley, acara penting seperti ini perlu menjadi perhatian bagi segenap masyarakat kota Manado “Karena salah satu tema pembangunan Kota Manado adalah pembangunan berbasis TIK, lewat TIK diharapkan percepatan pembangunan bisa terwujud menuju Manado sebagai Cyber City”, ungkapnya. Disaat pembukaan juga diadakan launching produk TIK, yaitu : Manado Directory, Bunaken Digital Island, Wifi Bus dan Wifi Angkutan Kota yang telah dilakukan oleh Pemkot Manado.

onoFestival TIK 2014 yang dipersembahkan untuk rakyat ini telah menyuguhkan lebih dari 30 workshop dan 6 Seminar Nasional mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi. Narasumber seperti Onno W Purbo (Bapak TIK Indonesia yang juga pengelolah Galow-IT), M. Yamin dari DNS Nawala, Rendy pendiri QWords, Sigit Widodo yang merupakan Ketua PANDI, Nukman Luthfie (Pakar Media Sosial), Henry Subiakto (Pakar Komunikasi/Staf Ahli Menkominfo), Gatot Hari (Direktur Seamolec), Karel Anderson dari Blog Detik, Blontankpoer (Penggiat Informasi), Irman Meilandi pemenang Seacology Prize 2011 dan pakar TIK top lainnya, dari berbagai daerah maupun dari kota Manado sendiri. Salah satu pengujung bernama Savely asal kota Manado mengaku sangat senang dengan diadakannya workshop gratis ini “sudah mendapatkan Ilmu Pengetahuan dan dapat Sertifikat pula ”, katanya.

workshop festik copy

Path 2014-06-03 13_26Hiburan rakyat juga disuguhkan dalam Festival TIK 2014 dengan menampilkan bintang Comic Indonesia “Mongol”, comedian asal kawanua ini sangat memukau dan berbagi kegembiraan bersama para pengunjung diaksi panggungnya. Dari pengamatan penulis, pengunjung festival TIK 2014 berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa, guru, praktisi IT, praktisi bisnis, insan pers, pejabat, TNI/Polri, masyarakat umum lainnya se – Sulawesi Utara dan rekan – rekan @Relawan TIK dari seluruh Indonesia.

Dalam acara ini juga dimeriahkan oleh parade rombongan Relawan TIK dari 47 Kota/Kabupaten se-Indonesia dan dilakukan penyematan baju sekaligus pengukuhan pengurus Relawan TIK di enam daerah, yaitu Balikpapan, Palopo, Pare-Pare, Bau Bau, Minahasa Utara dan Bolang Mongondow Utara oleh Dirjen Aptika Kemkominfo. (BJL/manadonyaman)

pengukuhan2 copy

Sumber Referensi & Photo :

http://kominfo.go.id

http://www.banyumurti.my.id

Gallery RelawanTIK

 

 

 

 

 

2 Komentar (+add yours?)

  1. blogthewayitis
    Jun 23, 2014 @ 06:20:01

    terima kasih manadonyaman

    Balas

  2. novan jacktour
    Sep 15, 2014 @ 04:05:24

    blog nya menarik..mohon info wisata manadonya…(novan Jacktour)

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: