Taman Laut Bunaken


Bunaken adalah salah satu tujuan utama dunia wisata, yang terletak di sebelah kota manado Propinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Pulau Bunaken merupakan bagian dari Taman Nasional Laut yang meliputi pulau-pulau tetangga Manado Tua, Mantehage, Nain dan Siladen. Taman ini menarik penyelam scuba di seluruh dunia dan membuat Bunaken terkenal sebagai surga bagi penyelam.

Sebagian besar wilayah pantainya terdiri dari hutan bakau dan pasir putih. Alam bawah lautnya menyajikan terumbu karang keras dan lembut, dinding karang yang terjal, serta beraneka bentuk dan warna biota laut yang membentuk taman laut nan indah.   Ribuan jenis ikan dan biota laut yang hidup di sana memang menjadikan keanekaragaman hayati (biodiversity) kelautan yang dimilikinya termasuk  salah satu yang tertinggi di dunia.

Nama Bunaken sendiri merupakan nama sebuah pulau  di kawasan itu yang lingkungan bawah lautnya memang terkenal mempesona dan menjadi sorga bagi para penghobi selam.   Pulau yang memiliki luas 8,08 km2 ini secara administrasi termasuk dalam wilayah Kecamatan Bunaken, Kota Manado.

Perairan Laut Bunaken memungkinkan orang dapat dengan jelas melihat berbagai biota laut. Ada 13 jenis terumbu karang di taman laut ini yang didominasi oleh bebatuan laut. Pemandangan yang paling menarik adalah terumbu karang terjal vertikal yang menjulang ke bawah sedalam 25-50 meter.

Manjakan mata Anda dengan 91 jenis ikan yang ada di Taman Laut Bunaken, diantaranya merupakan ikan kuda gusimi lokal (Hippocampus), koi putih (Seriola rivoliana), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira), goropa (spilotocepsep hinephelus dan hypselosoma Pseudanthias), nila gasi (Scolopsis bilineatus), dan lain-lain.

Penyelam juga bisa menemukan moluska seperti kima raksasa (Tridacna gigas), ikan kepala kambing (Cassis cornuta), nautilus (Nautilus pompillius), dan tunikates atau askidian.

Bagi Anda yang menyukai scuba diving maka tempat ini merupakan tempat yang paling baik. Terdapat sekitar 20 titik penyelaman, dimana para penyelam akan mendapat kesempatan berenang di dasar laut dengan beragam biota laut yang menakjubkan.

Pastikan Anda megunjungi Bunaken selama waktu terbaiknya yaitu antara bulan Mei hingga Agustus. Di bulan inilah Anda bisa menjelajahi keseluruhan taman laut yang indah ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: